Selasa, 04 Juni 2019

Menggunakan fungsi logika “IF” dan contoh penggunaannya


·         Pengertian Fungsi IF
Fungsi IF atau Rumus IF merupakan salah satu fungsi Excel dalam kategori atau kelompok logical yang sering digunakan untuk melakukan uji logika tertentu pada rumus microsoft excel. Rumus Excel IF akan menghasilkan sebuah nilai tertentu jika kondisi yang kita tentukan untuk di evaluasi terpenuhi (TRUE) dan akan menghasilkan nilai lainnya apabila uji logika atau kondisi itu tidak terpenuhi (FALSE).
Dengan kata lain fungsi IF excel ini akan melakukan evaluasi terhadap uji logika tertentukemudian menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. Nilai TRUE adalah nilai dimana kondisi tersebut terpenuhi dan nilai FALSE adalah nilai untuk kondisi yang tidak terpenuhi.
Untuk melakukan uji logika ini, fungsi if pada excel biasanya menggunakan operator perbandingan excel, yakni menggunakan operator =, >, >= , < atau <= dan lain sebagainya.
·         Cara menggunakan fungsi IF
SINTAKSIS FUNGSI
IF(TesLogika; [KondisiTerpenuhi]; [KondisiTidakTerpenuhi])
Dari sintaksis di atas dapat kita ketahui bahwa Fungsi IF pada excel memiliki tiga argumen:
1.      TesLogika : Argumen ini berisi ekspresi logika yang bisa dievaluasi ke dalam nilai TRUE atau FALSE. Argumen ini merupakan kriteria acuan untuk menentukan nilai yang akan dihasilkan oleh rumus excel IF.
2.       KondisiTerpenuhi : (Opsional) Nilai yang ingin kita hasilkan jika argumen TesLogika mengevaluasi ke TRUE. Argumen ini merupakan nilai yang akan dihasilkan jika kondisi terpenuhi.
3.      KondisiTidakTerpenuhi : (Opsional) Nilai yang ingin kita hasilkan jika argumen TesLogika mengevaluasi ke FALSE. Argumen ini merupakan nilai jika hasil tes logika tidak terpenuhi.
·         Penggunaan rumus IF excel
1.   Rumus IF Tunggal
Description: Contoh Rumus IF Tunggal

Pada gambar contoh di atas, rumus excel yang digunakan pada sel F2 adalah:
Rumus Excel : =IF(E2>140;"LULUS";"GAGAL")

Formula excel di atas melakukan uji logika pada sel E2 apakah nilainya lebih dari 140 atau tidak. Jika bernilai lebih dari 140 maka rumus if akan menghasilkan teks LULUS. Sebaliknya jika nilai E2 tidak lebih dari 140 maka rumus IF akan menghasilkan nilai teks GAGAL.

Hasil dari rumus if excel tersebut adalah "LULUS", sebab nilai E2 adalah 150 yang berarti bahwa nilai angka pada sel E2 lebih dari 140.
2.      Rumus IF Ganda/Bertingkat
Fungsi atau rumus excel IF bisa juga dimasukkan ke dalam fungsi IF yang lain. Kasus ini sering juga disebut rumus if ganda, rumus if bertingkat, rumus if bersarang atau rumus if bercabang. Atau dalam istilah lain disebut Nested IF Function.

Penerapan rumus IF bercabang ini maksimal hanya bisa digunakan sampai 64 cabang saja.
Selanjutnya silahkan perhatikan contoh Rumus IF bertingkat di bawah ini:
Description: Contoh Rumus IF Ganda/Bercabang

Pada contoh tersebut rumus if ganda yang digunakan pada sel F2 adalah:
Rumus : =IF(C2>60;IF(D2>60;"LULUS";"GAGAL");"GAGAL")

Rumus IF diatas melakukan uji logika ganda pada dua sel sekaligus secara bertahap:
1.      Jika C2 lebih dari 60 maka lakukan uji logika dengan rumus IF ke-2. Jika C2 tidak lebih dari 60 maka "GAGAL
2.      Pada rumus if tingkat ke-2 jika D2 lebih dari 60 maka "LULUS", jika tidak maka "GAGAL".
Hasil akhir dari rumus if diatas adalah LULUS. C2 dan D2 sama-sama lebih dari 60.

Selanjutnya silahkan perhatikan contoh nomor 4. Pada contoh nomor 4 rumus if excel yg dipakai pada sel F5 adalah:
Rumus : =IF(C5>60;IF(D5>60;"LULUS";"GAGAL");"GAGAL")

Rumus excel diatas menghasilkan nilai GAGAL sebab pada rumus if kedua, nilai dari D4 (60) Tidak lebih dari 60.

·         CATATAN DALAM MENGGUNAKAN FUNGSI IF
Berikut beberapa catatan yang perlu anda perhatikan saat menggunakan fungsi If pada sebuah rumus excel.
1.      Fungsi IF bertingkat atau bersarang dapat digunakan sampai 64 tingkat atau cabang untuk ditumpuk sebagai argumen KondisiTerpenuhi dan KondisiTidakTerpenuhi saat menyusun uji logika lanjutan lain yang lebih terperinci. Sebagai alternatif lain untuk melakukan uji logika dengan banyak kondisi, pertimbangkan juga untuk menggunakan fungsi LookupVLookupHLookup, atau Choose
2.      Excel juga menyediakan beberapa fungsi lain yang dapat digunakan untuk menganalisa data anda berdasarkan sebuah kondisi atau kriteria tertentu. Misalnya:
3.      Untuk menentukan banyaknya data string (teks) atau angka di dalam range data excel, gunakan fungsi Countif atau Countifs.
4.      Untuk menghitung jumlah total berdasarkan sebuah string teks atau angka di dalam range data, gunakan fungsi lembar kerja Sumif atau Sumifs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar