·
Membuat table
1.
Menambahkan
tabel kosong
1. Tempatkan
kursor teks di mana Anda hendak menambahkan tabel. Kursor teks ini berbentuk
garis yang berkedip di lembar Word Anda. Lalu, pilih tab Insert pada menu bar
Word 2016, kemudian klik “Table” seperti gambar di bawah ini.
2. Selanjutnya
akan muncul menu drop-down yang berisi kotak-kotak. Nah, seret kursor mouse
Anda dari kotak kiri atas untuk memilih jumlah kolom dan baris yang Anda
inginkan. Sesuaikan jumlah kotak yang berwarna jingga agar sesuai dengan
keinginan Anda. Contoh, jika Anda hendak membuat tabel dengan 6 kolom dan 6
baris seperti pada gambar di bawah, maka Anda menyeret kursor mouse dari kotak
kiri atas ke 6 kotak dari kiri dan 6 kotak dari atas.
3. Untuk
mengkonfirmasi jumlah kolom dan baris yang Anda kehendaki, lepaskan jari Anda
dari tombol kiri mouse. Selanjutnya, tabel akan muncul dengan jumlah kolom dan
baris sesuai kehendak Anda.
4. Untuk
memasukkan teks ke dalam tabel, tempatkan kursor teks di setiap kotak, baru deh
Anda bisa mulai mengetik.
Untuk
berpindah dari satu kotak ke kotak sebelahnya, Anda bisa menggunakan tombol Tab
atau tombol panah pada keyboard. Jika kursor teks berada di kotak terakhir,
ketika Anda menekan tombol Tab, maka kursor teks akan secara otomatis membuat
baris baru.
·
Memodifikasi table
Ada beberapa
pilihan modifikasi, termasuk menambahkan baris atau kolom dan
mengubah gaya
layout tabel. Berikut ini cara-caranya:
A. Menambahkan
baris atau kolom
1. Arahkan kursor mouse Anda di
luar tabel yang ingin Anda tambahkan baris atau kolom. Untuk Word 2010, klik
tanda plus yang muncul seperti pada gambar di bawah.
2.
Dan voila, jadilah sebuah baris atau kolom baru yang
ditambahkan ke dalam tabel.
Selain dengan cara di atas, Anda juga dapat
menambahkan kolom atau baris pada tabel dengan cara klik kanan tabel, lalu
pilih Insert untuk melihat berbagai pilihan baris dan kolom seperti gambar di
bawah. Anda bisa memilih untuk menambahkan kolom di kiri atau kanan kotak,
serta menambahkan baris di atas atau bawah kotak yang Anda klik. Cara ini
adalah cara satu-satunya untuk menambahkan baris atau kolom tabel pada Word
2016 ke bawah.
B. Menghapus
baris atau kolom
1. Tempatkan kursor
teks di baris atau kolom yang ingin Anda hapus.
2. Klik kanan, lalu
pilih “Delete Cell”.
3.
Lalu, sebuah kotak dialog akan muncul. Anda bisa
memilih “Delete entire row” untuk menghapus satu baris atau “Delete entire
column” untuk menghapus satu kolom, kemudian klik OK.
.
C. Menerapkan gaya
pada tabel
1. Klik
kotak mana saja di tabel Anda, lalu klik tab “Design” pada ribbon “Table
Tools”.
2. Cari bagian “Table
Styles”, lalu klik drop-down “More” untuk melihat daftar lengkap dari gaya-gaya
yang tersedia.
4.
Pilih gaya tabel yang diinginkan.
·
Menggunakan rumus
pada table Ms.Word 2010
Meskipun
Ms. Word tidak didesain untuk mengolah angka, setidaknya Word juga mampu mengolah
perhitungan rumus sederhana. Data pada tabel bisa terdiri dari angka dan teks,
untuk itu Anda perlu memahami cara membaca kolom dan baris pada tabel untuk
mempermudah menggunakan formula, yaitu setiap tabel yang dibuat pada Word. Setiap
kotak pada tabel akan menjadi sel seperti pada lembar kerja Excel, yang
merupakan gabungan dari kolom (A, B, C, dst) dan baris (1,2, 3, dst).
Untuk kolom pertama (A) dan baris 1 disebut sel A1, kolom kedua (B) dan baris 2 disebut sel B2, dan seterusnya. Nah untuk penggunaan formula pada tabel di word tidak hanya terbatas pada penjumlahan (SUM), tetapi juga dapat mencari rata-rata (AVERAGE), nilai tertinggi (MAX), nilai terendah (MIN) dan lainnnya.
Contoh penggunaan fungsi Average, Max dan Min pada tabel di Word
Buat tabel seperti contoh berikut:
Lalu buat formula untuk isian Jumlah Nilai dengan rumus =SUM(LEFT), dengan meletakkan kursor di sel yang akan dijumlahkan lalu klik Layout dan pilih Formula
Untuk membuat Nilai Rata-rata (R2) menggunakan rumus =Average(C3:E3), dengan asumsi bahwa Ulangan harian 1 pada sel C3, ulangan harian 2 pada sel D3 dan ulangan harian 3 pada sel E3, danformula dibawahnya dengan rumus=Average(C4:E4) dan seterusnya.
Untuk membuat Nilai tertinggi (Max) dengan rumus =Max(C3:E3)
Untuk
membuat Nilai terendah (Min) dengan rumus =Min(C3:E3)
Sehingga secara keseluruhanakan didapat tabel Word yang memiliki Nilai dengan menggunakan formula
Tidak ada komentar:
Posting Komentar